AGUS HARAPKAN PELATIH SERIUS LAHIRKAN ATLET POTENSIAL

BALIKPAPAN-Pelatihan peningkatan kompetensi keolahragaan bagi 30 pelatih Cabang olahraga Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) resmi ditutup Jum'at (28l5/2021) pagi oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltim, Agus Tianur di Ruang Belayan Hotel Gran Senyiur Balikpapan.

Kegiatan yang dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan prestasi olahraga di Kaltim tersebut mengangkat tema sosialisasi dan implementasi sport dalam sport science and technology menuju prestasi internasional.

Dalam sambutannya , Agus menyampaikan bahwa pelatih merupakan bagian tak terpisahkan dalam peningkatan prestasi olahraga di Indonesia khususnya di Bumi Mulawarman.

"Tekhnologi di dunia olahraga sudah semakin keren dan canggih. Sehingga pemanfaatan tekhnologi perlu diketahui dan dilakukan oleh pelatih saat ini, seperti yang saudara ikuti, semua materi yang disampaikan tentu sangat bermanfaat dan menggunakan tekhnologi,”katanya.

Pelatih katanya memiliki peran penting dalam menciptakan atlet yang professional dan berkualitas melalui pembuatan program yang sistematis dan terstruktur.

“Kita harus pahami dan sadari bahwa untuk menuju hal tersebut (menciptakan atlet professional,red) tidak ada lagi yang melalui proses instan, semua harus dilakukan secara berjenjang dan terprogram dengan baik, sehingga kalian memiliki peran besar untuk hal tersebut,”lanjutnya.

Menutup sambutannya, Agus meminta peserta dapat dapat mengimpelementasikan ilmu yang didapat selama pelatihan kepada atlet binaannya, apalagi mengingat mereka masih pada usia dini yang merupakan usia yang tepat pembentukan atlet professional ke depannya.

Lugito Budi, sebagai perwakilan peserta mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepadanya dan peserta lainnya pada pelatihan yang menghadirkan narasumber dari Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

"Alhamdulillah kami mendapat kesempatan mengikuti pelatihan ini. Sebagai peserta tertua, Saya ingin terus belajar, karena bagaimanapun belajar tak terhenti hanya karena usia, apalagi kami tak sekedar mendapat materi dalam bentuk teori, tapi juga praktek langsung di lapangan," kata pria yang telah puluhan tahun menjadi pelatih Judo tersebut.

Ditemui usai acara penutupan, Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora kaltim, Masturi Akbar Tapippullah bahwa bidangnya telah menyiapkan program pelatihan yang bertujuan meningkatkan kompetensi pelatih sepanjang tahun 2021.

Meskipun di tengah pandemi Covid-19, dengan menerapkan protokol kesehatan, pihaknya telah menggelar sejumlah pelatihan untuk pelatih dari Pelatihan peningkatan Kemampuan dan kapasitas Pelatih dalam rangka kesiapan Popnas XVI tahun 2021 dan Workshop Pelatihan Iptek Cabang Olahraga Popnas XVI. (rdi/ppiddisporakaltim)