ANTISIPASI COVID-19, SEJUMLAH AGENDA KEGIATAN DISPORA KALTIM DITUNDA

Sejumlah kegiatan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur ditunda seiring dengan surat edaran yang dikeluarkan Gubernur  Kaltim guna mengantisipasi  pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang sudah menjadi pendemi dunia.

Sejumlah kegiatan yang telah di agendakan Dispora Kaltim diantaranya pelatihan Kewirausahaan Pemuda, Jambore Pemuda Daerah (JPD) Kaltim serta Rapat Koordinasi Sinkronisasi Kepemudaan dan Keolahragaan yang akan dilaksanakan di akhir Maret 2020 di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kadispora Kaltim, H Muhammad Syirajudin, mengatakan sebagaimana surat edaran Gubernur Kaltim Nomor 440/1871/0219-II/B.Kesra bahwa kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak orang seperti seminar, rapat koordinasi, rapat kerja, simposium/lokakrya, FGD, Diklat dan lain-lain agar ditunda pelaksanaannya.

“Kita pahami bersama bahwa COVID-19 telah menjadi pendemi dunia, yang penularannya menurut World Health Organization (WHO) penting untuk menjaga jarak 1 meter lebih dari orang yang sakit dengan bersentuhan langsung atau melalui media yang baru disentuh oleh penderita. Kami tentu mendukung penuh Kebijakan Bapak Gubernur dan memutuskan untuk menunda seluruh kegiatan yang telah direncanakan,”jelasnya ketika ditemui usai melakukan Rapat dengan Kabupaten Kukar terkait kegiatan JPD dan Rakornis, Rabu (18/3/2020).

Dalam surat edaran Gubernur tersebut di jelasakan bahwa kebijakan ini berlaku sejak tanggal 17 Maret 2020 sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut dan/atau situasi dinyatakan telh aman dari penyebaran COVID-19.

Namun demikian diminta semua ihak tetap tenang, tidak panik, tidak membuat dan/atau menyebarkan informasi yang tidak benar/akurat  yang bukan berasal dari sumber resmi, dan dihimbau untuk senantiasa menjaga kesehatan sertamelaksankan perilaku hidub bersih dan sehat (PHBS).

Terkait penundaan kegiatan di lingkup Dispora se Kaltim tetap dilakukan koordinasi sinkronisasi secara online dengan menggunakan media-media komunikasi umum. Kesepakatan penundaan JPD ditandatangani oleh Kadispora Kaltim dan Kadispora Kukar dan segera disebarluaskan ke Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Kabupaten/Kota se Kaltim. (rdi)