BONTANG PERTAMA LANTIK FPDK TINGKAT KABUPATEN DAN KOTA

BONTANG-Forum Pemuda Disabilitas Kreatif (FPDK) pertamakali dibentuk Juli tahun 2018 lalu, yang merupakan wadah bagi pemuda disabilitas dalam berhimpun dan berkarya.
Sekretaris Menpora, Gatot Dewa S Broto ketika itu menyampaikan bahwa forum ini merupakan yang pertama di Indonesia yang mewadahi Pemuda Disabilitas secara khusus.
"Kaltim merupakan provinsi pertama di Indonesia yang membentuk FPDK ini, dan beliau sangat mengapresiasi serta berharap dapat terbentuk di seluruh provinsi dan kabupaten/kota. Alhamdulillah hari ini Bontang menjadi  yang pertama mebentul dan melantik di tingkat Kabupaten/Kota,"kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltim, Agus  Tianur dalam sambutannya  yang diwakili Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Hardiana Muriyani dalam acara pelantikan FPDK Bontang oleh Walikota Bontang Basri Rase di Aula Graha Pemuda Dispopar Bontang, Jum'at (18/6/2021).
Menanggapi hal tersebut Walikota Bontang, Basri Rase menyatakan Pemerintah Kota Bontang dibawah pimpinannya berkomitmen memberikan kesempatan yang sama kepada semua pemuda.
"Saya tegaskan bahwa Pemkot Bontang berkomitmen untuk memberikan kesempatan yang sama kepada semua Pemuda tak terkecuali Pemuda Disabilitas, karena bagi saya semua dapat berperan pada pembangunan Kota yang kita cintai ini,"katanya.
Bontang lanjutnya akan segera membentuk wadah kreasi milenial, yang juga akan diisi oleh "Saya berkeinginan keberadaan FPDK dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai ruang berekspresi bagi mereka, sehingga saudara kita ini tidak merasa dikesampingkan, tugas kita bersama mendampingi dan mengarahkan mereka,"tutup Basri.
Sebelumnya, Kadispopar Bontang, Bambang Cipto Mulyono melaporkan bahwa pihaknya akan  menfasilitasi sejumlah program pelatihan dan program lainnya untuk menambah kemampuan dan kualitas diri pemuda disabilitas di Kota Taman.
"Sebagaimana tujuan terbentuknya  dapat menanamkan kemandirian serta kepercayaan diri pemuda disabilitas dan memberikan kesempatan dan memfasilitasi untuk merumuskan  ide-ide kreatif yang dituangkan dalam bentuk karya,"lapornya.
Bagi Dispora Kaltim, FPDK yang merupakan program murni inovasi Kaltim, dapat terbentuk di seluruh Kabupaten dan Kota. Setelah Bontang, Kota Balikpapan siap melantik kepengurusan FPDK di kotanya di medio Juli mendatang. (rdi/ppiddisporakaltim)