BPIP RI PANTAU LANGSUNG TES PANCASILA CALON PASKIBRAKA KALTIM

SAMARINDA-Berbeda dengan tahun sebelumnya, dalam pelaksanaan seleksi Calon Pasukan Pengibar bendera Pusaka (Paskibraka) nasional tingkat Provinsi Kalimantan Timur tahun ini peserta diwajibkan mengikuti tes Pancasila yang dilaksanakan langsung oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Kasubdit Analisis Sinkronisasi II, Direktorat Analisis dan Sinkronisasi Deputi Bidang Hukum Advokasi dan Pengawasan Regulasi July Budi Suharko menyampaikan bahwa tes Pancasila dilaksanakan di seluruh Indonesia bagi Calon Paskibraka .

“Tes ini diikuti oleh seluruh calon paskibraka di seluruh Indonesia dengan tujuan agar peserta memiliki pemahaman yang sama tentang nilai yang terkandung pada Pancasila,”ujar pria yang juga sebagai Ketua Pansel tes Pancasila bagi Paskibraka tersebut kepada para peserta asal Kaltim melalui media virtual, Kamis (6/5/2021).

Dasar pelaksanaan kegiatan ini sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila Kepada Generasi Muda Melalui Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka

Pembinaan Ideologi Pancasila lanjutnya pada pembentukan Paskibraka dilaksanakan melalui tahapan rekrutmen dan seleksi, kemudian pemusatan pendidikan dan pelatihan serta pengukuhan.

“Pembinaan ideologi Pancasila dalam rekrutrnen dan seleksi menggunakan materi tes rekrutmen dan seleksi yang mencakup pengetahuan tentang Pancasila, pengetahuan wawasan kebangsaan, pengetahuan umum, psikotes, kesenian, dan wawancara,”ujarnya.

Melalui tes ini diharapkan muncul bibit-bibit muda, generasi muda yang memiliki pemahaman tetantang ideolgi Pancasila serta lahirnya anggota Paskibraka yang berprestasi yang nantinya akan menjadi Duta Pancasila.

“Kepada yang nantinya terpilih sebagai wakil Kalimantan Timur, saya mengucapkan selamat, dan bagi yang belum terpilih, saya berpesan jangan berkecil hati karena kesuksesan akan menghampiri mereka yang memiliki kemauan yang kuat dan tidak berputus asa,”tutupnya.

Kabid Pengembangan Pemuda Hardiana Muriyani menyampaikan terimakasih atas masukan dan perhatian dari BPIP yang langsung ikut memantau pelaksanaan tes Pancasila secara virtual.

Selanjutnya pada Jumat (7/5/2021) 10 peserta yang berasal dari 9 Kabupaten dan kota tersebut, akan mengikuti tes psikologi secara tertulis dan wawancara dari Himpunan Psikolog Indonesia Kalimantan Timur.(rdi/ppiddisporakaltim).