DI HAORNAS KE-38, PRESIDEN TANDATANGANI PERPRES 86 DBON

SAMARINDA-Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor menghadiri Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke XXXVIII tahun 2021 yang berlangsung secara daring dari ruang Heart of Borneo Kantor Gubernur Kalimantan Timur.

Acara yang mengusung tema "Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju" tersebut digelar Kementerian Olahraga dan Pemuda (Kemenpora) dari GOR POPKI Menpora Cibubur, Kamis (9/9/2021).

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam sambutannya menyampaikan prestasi olahraga harus terus ditingkatkan untuk mendapatkan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Dalam acara tersebut Presiden pun menandatangani Perpres nomor 86 sebagai penanda dimulainya implementasi DBON.

“Prestasi tidak muncul begitu saja, prestasi dihasilkan oleh sebuah proses pembinaan dari hulu ke hilir yang sistematis dan berkelanjutan. Kita harus fokus bekerja untuk mencetak talenta-talenta hebat di bidang olahraga agar lahir semakin banyak atlet unggul berprestasi yang mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional,”ujar Presiden Jokowi.

Sementara itu Menpora Zainuddin Amali menyampaikan terdapat tiga pilar utama dalam menggerakkan merupakan tiga pilar utama dalam menggerakkan DBON yakni Olahraga Pendidikan, Olahraga Rekreasi dan Olahraga Prestasi.

“Pada olahraga Pendidikan kita akan melakukan pembinaan olahraga sejak usia dini, kemudian pada olahraga rekreasi kita mengupayakan agar olahraga menjadi gaya hidup yang bisa dilakukan dimana saja, oleh siapa saja, agar jiwa raga tetap bugar dan sehat, sementara puncaknya pada olahraga prestasi,”jelasnya.

Olahraga Prestasi lanjutnya membangun peningkatan bagi prestasi olahraga untuk keikut sertaan kita pada event Olympiade dan Paralimpiade.

Pembinaan atlet jangka panjang yang menghasilkan prestasi dunia harus dianggap sebagai investasi negara untuk pembangunan sumber daya manusia (SDM) serta mengangkat harkat dan martabat bangsa di tingkat internasional.

“Pemerintah memberikan fasilitas yang sama kepada atlet Olimpiade dan Paralimpiade. Tujuan dalam DBON jelas yaitu sasaran utamanya tentang prestasi ditingkat Olimpiade dan Paralimpiade. Kita tetap persiapkan ini dan semua unsur terlibat, baik ditingkat pusat maupun daerah. Hingga nantinya kita memiliki desain besar olahraga nasional,” jelas Menpora Amali.

Di Kaltim tampak hadir mendampingi Gubernur, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat M Jauhar Effendi, Kadispora Agus Tianur, Pengurus KONI Kaltim, Pengurus NPC Kaltim, serta sejumlah pejabat administrator dan pengawas di lingkup Dispora Kaltim. (fad/rdi/ppiddisporakaltim)