DISPORA LAKUKAN PENILAIAN KEBUGARAN JASMANI PELAJAR GUNA DAPATKAN DATA INDEKS PEMBANGUNAN OLAHRAGA

Sebagai upaya mendapatkan data penilaian  dan meningkatkan kebugaran jasmani di kalangan pelajar, Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur melalui Seksi Olahraga Pendidikan dan Sentra Olahraga (Opsor) bidang Pembudayaan Olahraga  melakukan Penilaian Kebugaran Jasmani di 5 (lima) sekolah di Kota Samarinda dengan total peserta 250 orang.

Kegiatan yang bertujuan mendapatkan data sebagai nilai ungkit angka indeks kebugaran di Kalimantan Timur tersebut telah di laksanakan selama seminggu terakhir dan berakhir hari Kamis (17/10) di SMP Negeri 29 Samarinda setelah sebelumnya dilaksanakan di  SMP Negeri 27, SMK Darussalam, SMK Negeri 6, dan SMP Negeri 34 Samarinda.

Menurut Kadispora Kaltim, Syirajudin, kebugaran jasmani merupakan salah satu bagian yang mempunyai peranan penting untuk menunjang proses belajar mengajar secara keseluruhan. Anak yang memiliki tingkat kebugaran jasmani yang baik akan membantu penampilannnya dalam meningkatkan produktivitas maupun prestasi belajarnya

"Dengan jasmani yang sehat dan bugar, memungkinkan anak akan mampu berfikir secara jernih, penuh kreatifitas dan memiliki semangat yang tinggi untuk menyelesaikan segala tugas studinya sehingga dapat berhasil dengan memuaskan. Agar prestasi anak dapat meningkat dan tujuan pendidikan secara menyeluruh dapat tercapai, maka kebugaran jasmani anak perlu dibina dan dipelihara dengan baik. Hal inilah yang mendorong Dispora Kaltim melakukan Penilaian Kebugaran Jasmani di seolah-sekolah dengan harapan hasilnya dapat memberi gambaran mengenai kebugaran jasmani siswa di sekolah tersebut,"jelasnya.

Disamping itu, kedepan data akan dikolaborasi dengan data sarana dan prasarana serta angka partisipasi masyarakat berolahraga yang kemudian diolah menjadi angka Indeks Pembangunan Olahraga Kalimantan Timur, dan selanjutnya di tahun 2020, direncanakan kegiatan pelatihan penigkatan dan perhitungan nilai Sport Development Indeks (SDI).

Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Kaltim, Sirajudin, melalui Kasi Opsor, Akhmad Sophian, menyampaikan kegiatan ini merupakan yang pertamakalinya dilakukan oleh Dispora Kaltim, menindaklanjuti hasil dari pertemuan dengan Deputi Bidang Pembuayaan Olahraga Kemenpora Republik Indonesia beberapa waktu lalu.

"Dari koordinasi kami tersebut, dilakukanlah penilaian Kebugaran Jasmani ini, dimana perlu kita sadari bersama bahwa berolahraga atau melakukan aktivitas fisik secara baik dan teratur merupakan sarana untuk menjaga dan memelihara kebugaran jasmani. Bentuk jenis olahraga yang efektif untuk memelihara dan meningkatkan kebugaran jasmani dan sangat mudah dilakukan dimana saja dan kapan saja di antaranya jogging, sepeda santai, dan  jalan santai,"katanya.

Sophian pun mengharapkan agar setiap sekolah dapat mealukan penilaian kebugaran jasmani ditempatnya dengan melibatkan Guru Olahraga atau Guru Pendidikan Jasmani, karena bagaimanapun kebugaran jasmani sangat berpengaruh terhadap kemampuan dan kesanggupan siswa dalam melaksanakan tugas sehari-hari dengan baik sebagai anak didik dalam meningkatkan pengetahuan dan prestasi belajar siswa. (rdi)