DISPORAPAR BALIKPAPAN KOORDINASIKAN PERENCANAAN PROGRAM KEPEMUDAAN KE DISPORA KALTIM

SAMARINDA-Dinas Pemuda Olahraga dan pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan ,melakukan koordinasi penyusunan perencanaan program dan kegiatan kepemudaan di daerah serta koordinasi mengenai program kerja Forum Kewirausahaan Pemuda ke Dispora Kaltim.

Kedatangan Dispopar Balikpapan dengan dipimpin Kadisnya, Dortje Marpaung diterima langsung Sekretaris Dispora Kaltim, Aswanda di Ruang rapat Dispora Kaltim Lantai II.

"Kedatangan kami adalam dalam rangka berkoordinasi hingga terciptanya integritas, sinkronisasi dan sinergi dalam pencapaian sasaran dan proiritas pembangunan antara Dispora Balikpapan dengan Dispora Kaltim, khususnya kegiatan kepemudaan dan FKP,"ujar Kadis yang baru dilantik sebagaoi kadispora Balikapan awal januari 2020 tersebut.

Sejumlah hal lain yang juga dikoordinasi dalam pertemuan ini diantaranya rencana Pemerintah Kota Balikpapan yang akan melaksanakan penyusunan Renstra tahun 2021-2024, sehingga diperlukan adanya sinergitas dan koordinasi dengan pemerintah provinsi dalam hak program kegiatan yang akan dilaksanakan.

"Disamping itu kami sampaikan bahwa Kota Balikpapan ditetapkan sebagai kota layak pemuda kategori utama, sehingga tentu kami memerlukan saran dan masukkan dari Dispora Provinsi Kaltim terkait kegiatan selanjutnya termasuk juga sejauh mana keterlibatan kabupaten kota dalam penyusunan Indeks Pembangunan Pemuda,"tambahnya.

Hal lainnya terkait indikator penilaian panji keberhasilan di bidang kepramukaan yang diharapkan tahun 2020 Kota Balikpapan dapat mengikuti penilaian panji keberhasilan di bidang Kepramukaan.

Menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Aswanda menjelasakan sejumlah program kerja Dispora Kaltim termasuk diantaranya pembinaan kepemudaan seperti Forum Kewirausahaan Pemuda, aktif dilakukan melalui Bidang Pengembangan Pemuda.

"FKP menjadi salah satu binaan yang aktif di Dispora Kaltim, bahkan dalam Peringatan Hari Sumpah Pemuda sejumlah penggiat Kewirausahaan Pemuda mendapat penghhargaan dari Gubernur Kaltim. Untuk sinergitas Program Kerja akan kami berikan Renstra Dispora KAltim 2019-2023 sehingga Program Kerja Dispora Balikpapan dapat sebangun sejalan dengan program yang kami canangkan,"jelas Pria yang baru saja menjabat sebegai Sekretaris Dispora Kaltim awal Maret 2020 tersebut.

Sementara itu, kabid Pengambangan Pemuda Dispora Kaltim, Hardiana Muriyani menambahkan bahwa untuk ekgiatan pengembangan pemuda ada djumlah kegiatan yang akan dilakukan di tahun 2020 ini diantaranya adalah pelatihan kewirausahaan kemudian diklat paskibaraka, pembinaan  organisasi Kepemudaan binaan Dispora seperti Pemuda Relawan Indonesia, Forum Pemuda Fardhu Kifayah dan Forum Pemuda Disabilitas Keratif (FPDK) Kaltim.

"Terkait penilaian Panji Kepramukaan dapat kami jelasakan bahwa yang melakukan adalah Kwartir Daerah gerakan Pramuka Kalimantan Timur, sementara untuk Dispora Kaltim melakukan  penilaian  untuk kategori Panji Kepemudaan dan Panji Keolahragaan,"jelas hardiana.

Hardiana pun menyampaikan untuk penilain dilakukan dengan turun langsung ke lapangan (Fact Finding) berdasarkan data-data yang disampaikan oleh Kabupaten/Kota ke Dispora Kaltim, selanjutnya dilakukan rapat Pleno secara berjenjang dari tingkat Bidang, Dinas dan kemudian di presentasikan di Tim Penilaian Panji-Panji Provinsi Kaltim (rdi)