DPD KORPS ALUMNI KPN AUDIENSI KE KADISPORA TERKAIT SELEKSI KPN 2019

SAMARINDA- Dewan Perwakilan Daerah Korps Alumni Kapal Pemuda Nusantara (DPD KAKPN) Provinsi Kalimantan Timur, dipimpin Ketuanya, Syaifudin serta Alumni peserta Sail Nusantara 2018, Dhiyan Lesdianto, beraudiensi ke Dinas Pemuda dan Olharag provinsi kaltim dan diterima Kadispora kaltim Syirajudin didampingi Kabid pemberdayaan Pemuda Agustianur serta Kepala Seksi Peningkatan Kreatifitas Pemuda, Bahri.

Disampaikan Syaifudin bahwa DPD KAKPN berenana melakukan seleksi peserta  KPN Sail Delegasi kalimantan Timur Nias 2019 pada tanggal 7-8 Agust 2019 mendatang, dengan tema "Merajut Potensi Kebaharian Kalimantan Timur Dalam Mendukung Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia".

"Saat ini kami telah membuka pendaftaran, dan sebanyak 61 pemuda sudah mengisi formulir. Adapun tahap seleksi kami bagi dalam 2 (dua) tahap, tahap pertama terdiri dari kelengkapan berkas, tertulis dan kesehatan guna menentukan 15 besar yang akan mengikuti seleksi tahap dua meliputi samapta, tes kemampuan renang, seni dan budaya, presentasi proposal potensi maritim, wawasan kebangsaan serta tes tentang organisasi dan kepemimpinan,"jelas Sayifudin.

Kadispora Syirajudin menyambut baik hal tersebut, dan minta DPDP KAKAPN berkoordinasi lebih lanjut dengan Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Kaltim untuk persiapan pelaksanaan seleksi.

"Saya berharap agar tahapan seleksi dapat berjalan dengan baik, untuk itu segala persiapan dan selama pelaksanaan silahakn DPDP KAKPN berkoordinasi dengan Bidang Pemberdayaan Pemuda, sehingga nantinya siappaun yang terpilih merupakan pemuda terbaik yang mampu mepresentasikan Kalimantan Timur di kegiatan nasional tersebut,"ujarnya

Kegiatan KPN sendiri merupakan program kegiatan tahunan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI bekerjasama dengan Dinas yang menangani Kepemudaan tingkat Provinsi serta melibatkan KAKPN. Untuk tahun ini KPN dilaksankan dalam rangka Sail Nias Provinsi Sumatera Utara dengan diikuti pemudia berusia 18 hingga 25 tahun, dimana kuota tiap provinsi 2 Putri dan 1 Putra sehingga total sebanyak 102 pemuda akan berlayar bersama. (RDI)