GUBERNUR : IKN, KALTIM HARUS JADI BAROMETER PRESTASI OLAHRAGA NASIONAL

BALIKPAPAN- Seiring ditetapkannya dua wilayah Kalimantan Timur menjadi Ibu Kota Negara (IKN) Baru, Benua Etam harus dapat menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas termasuk bidang olahraga.
Tentu bila hal itu terwujud maka Kaltim sebagai IKN Baru menjadi barometer prestasi olahraga di Indonesia dapat terwujud.
"Itu bisa kita lihat, bagaimana Provinsi DKI Jakarta, sebagai Ibu Kota Negara selalu menjadi barometer prestasi olahraga secara nasional. Mereka mampu menempatkan posisi prestasi, jika tidak nomor satu, bisa juga dua dan ketiga. Yang jelas tiga besar,"jelas Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor, Senin (24/5/2021).
Hal ini disampaikan Gubernur dihadapan 30 peserta pelatihan peningkatan kompetensi keolahragaan dalam meningkatkan prestasi olahraga di Kaltim, dengan tema sosialisasi dan implementasi sport dalam sport science and technology menuju prestasi internasional, di Hotel Grand Senyiur Balikpapan.
Peluang tersebut lanjutnya wajib dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin, sehingga Kaltim harus serius menyiapkan SDM berkualitas dan berprestasi ditingkat nasional maupun internasional.
"Tak terkecuali di bidang olahraga. Karena, prestasi olahraga juga menjadi pendukung harkat wibawa negara maupun daerah, sehingga sangat wajar dipersiapkan sejak dini,"ujar orang nomor 1 Kaltim tersebut.
Dirinya pun yakin dan percaya, semua pemangku kepentingan yang ada saat ini dapat bersama-sama membangun kualitas SDM tersebut, terutama jangka menengah panjang.
"Sehingga dengan IKN ini, kita bisa menjadi barometer peningkatan prestasi olahraga secara nasional maupun interasional," jelasnya.
Sebelumnya Kadispora Kaltim Agus Tianur melaporkan, 30 peserta pelatihan adalah lara pelatih yang rencana dipersiapkan untuk pelatih PON di masa depan, khususnya PON XX Papua dan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas). "Pelatihan dimulai 24-28 Mei 2021 dengan narasumber yang berkualitas dan kita harapkan mampu menghasilkan kualitas pelatih yang profesional, sehingga secara berkesinambungan juga akan menghasilkan program latihan dan atlet yang berkualitas baik mental dan fisiknya,"lapornya.
Dalam pembukaan tersebut Gubernur secara simbolis menyerahkan 1.000 (seribu) bola untuk pemerintah desa yang diterima Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kaltim M Syirajuddin bersama Pelatih Sepakbola.
Hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra Setprov Kaltim Dr HM Jauhar Efendi, Direktur RSJD Atma Husada Mahakam Kaltim dr H Jaya Muallimin dan Ketua KONI Kaltim Zuhdi Yahya, serta Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Masturi Akbar Tapippullah. (ba/rdi/ppiddisporakaltim)