GUBERNUR DUKUNG KONI DAN DISPORA SUKSESKAN PERSIAPAN KONTINGEN KALTIM DI PON PAPUA

Bertempat di ruang kerjanya, lantai 2 Kantor Gubernur Kaltim, Senin (2/3/2020), menerima audiensi Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltim, Zuhdi Yahya, bersama  Kepala Dispora Kaltim, Muhammad Syirajuddin beserta jajarannya.

Adapun maksud audiensi ini adalah mempresentasikan persiapan kontingen Kaltim pada Pekan Olahraga Nasional XX tahun 2020 di Provinsi Papua yang akan berlangsung pada Oktober 2020 mendatang.

Gubernur mengapresiasi persiapan kontingen Kaltim untuk PON tersebut, dan menyampaikan bahwa Pemprov Kaltim siap mengakomodir keperluan kontingen Kaltim dari yang akan berjuang di PON Papua khususnya mempertahankan prestasi Kalltim minimal sebagaimana hasil PRA PON yang bErada di dalam 5 besar perolehan medali.

 “Semoga persiapannya lancar. Kita juga perlu melibatkan pihak ketiga, seperti perusahaan-perusahaan di Kaltim, untuk menjadi sponsor pendanaan per cabang olahraga. Kedepan kita harus bisa mencetak atlet andal yang murni dari daerah. Artinya putra putri asli Kaltim. Yang siap berjuang dan membela nama Kaltim di kancah nasional,”pesan Isran.

Dari paparan yang disampaikan Zuhdi mengungkapkan berdasarkan hasil Pra PON, Kaltim dapat meloloskan 437 atlet untuk 33 cabang olahraga (cabor) dari 37 cabor yang dipertandingkan pada PON XX yang pertamakali digelar di tanah Papua tersebut.

Berdasarkan catatan KONI Kaltim per Desember 2019, Kaltim sukses meraih  47 emas, 59 perak dan 54 perunggu dan bila disandingkan dengan hasil kontingen provinsi lain, Kaltim berada di posisi 4 besar dibawah Jawa Barat, Jawa Timur dan DKI Jakarta.

“Dari jumlah tersebut ada 326 atlet yang masuk zona medali. Sejak Februari sampai Agustus 2020 ini kita terus mengikuti tahapan pendaftaran keikutsertaan, agar tidak ada atlet yang sudah lolos tetapi tidak terdaftar di panitia penyelenggara. Jika tidak ada halangan Mei kita akan mulai pemusatan pelatihan dan uji coba, hingga hari pelaksanaan PON di Papua pada Oktober mendatang,” jelas Zuhdi.

PON XX Papua akan digelar dari 20 Oktober hingga 2 November 2020 dengan menggulirkan 37 cabang olahraga dari yang sebelumnya direncanakan 47 cabor melalui sejumlah pertimbangan oleh Kemenpora dan KONI memangkas menjadi 37 cabor yakni aerosport, aquatik, anggar, angkat berat, atletik, baseball, bermotor, biliar, bola basket, bola tangan, bola voli, bulu tangkis, catur, kriket, dayung, gulat, hoky, judo, karate, kempo, layar, menembak, muaythai, panahan, panjat tebing, pencak silat, rugby ,Selam, senam, sepakbola, sepak takraw, sepatu roda, taekwondo, tarung drajat, tenis, tinju, wushu.

Untuk venue pertandingan 37 cabor akan dipusatkan 3 Kabupaten/Kota besar yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mimika. (rdi)