KADISPORA HADIRI RAPAT PIMPINAN (RAPIM) REVIEW REALISASI APBD TAHUN ANGGARAN 2023

Tenggarong, Kadispora Kaltim Agus Hari Kesuma (AHK) menghadiri Rapat Pimpinan (Rapim) Evaluasi Realisasi APBD dan Kinerja Pelaksanaan Pembangunan Daerah Tahun Anggaran 2023 yang berlangsung di Hotel Grand Fatma Tenggarong pada Senin Pagi (5/2/2024).

Pada acara yang dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik, disampaikan Laporan Realisasi APBD tahun 2023. Dimana realisasi keuangan dan realisasi fisik tahun anggaran 2023 mencapai 92.40, atau meningkat sebanyak 8.66% dari tahun 2022.

Kemudian, tingkat penyerapan anggaran PD tahun 2023 pun memunculkan tren yang cukup baik dengan total 17 PD dengan penyerapan diatas 95% dan 26 PD pun berhasil menyerap anggaran di angka 85-94.99%, serta diikuti 2 (dua) PD yang menyerap anggaran dibawah 74.99% atau diatas 72%.

"Harus lebih realistis, kuncinya di perencanaan agar lebih tepat lagi. agar kita bisa lebih baik lagi melangkah di tahun berikutnya," Pesan Pj Gubernur kepada PD (Perangkat Daerah), dalam melakukan review dan revisi anggaran secara realistis dengan mempertimbangkan hambatan baik dari sisi sistem maupun ketersediaan sumber daya.

Pria yang juga menjabat Dirjen OTDA Kemendagri itu pun menekankan agar Kamus usulan program dan kegiatan untuk penganggaran agar konsisten diterapkan.

Adapun penyampaian laporan evaluasi lainnya yang juga menjadi pokok bahasan pada agenda ini yaitu Realisasi Pengadaan Barang dan Jasa 2023 dan 2024, Realisasi Bantuan Keuangan dan FCPF-CF, Pekerjaan yang tidak selesai 2023 beserta catatan penting, Realisasi Pendapatan APBD 2024, Realisasi APBD 2024, dan Rencana Anggaran Kas 2024.

Isu lain yang tak kalah penting yakni Inflasi, Stunting, Kemiskinan Ekstrem dan pengangguran. Tahapan dan substansi Rancangan Awal RKPD 2025, Persiapan Pemilu di Kaltim, hingga berbagai kegiatan nasional di tahun 2024 yang nantinya akan diselenggarakan di Kalimantan Timur.

Hadir mendampingi Pj Gubernur, Sekretaris Provinsi Kaltim Sri Wahyuni dan jajaran pejabat teras Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Kaltim, serta seluruh kepala Perangkat Daerah (PD) lingkup Provinsi Kalimantan Timur.
(fad/rr/ppiddisporakaltim)