KADISPORA LAPORKAN KESIAPAN PROGRAM KERJA KE GUBERNUR

SAMARINDA-Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltim, H Muhammad Syirajudin melaporkan sejumlah program kerja Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur kepada Gubernur Kaltim, H Isran Noor di Ruang Pertemuan Gubernur Lantai II, Rabu (11/3/2020).

Sejumlah kegiatan yang dilaporkan yakni kesiapan Dispora Kaltim dalam mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2020 dengan program inovasi "Pedas Ketan Mantul". 

Program ini berupa pembentukan Forum Pemuda Disabilitas Kreatif (FPDK) Kaltim yang bertujuan agar pemuda Disabilitas Kaltim menjadi kreatif dan memiliki wadah untuk menghasilkan karya-karya luar biasa sekaligus sebagai pembuktian kepada non disabilitas bahwa disabilitas juga bisa berkarya. Secara garis besar melalui FPDK, Dispora Kaltim berupaya agar masyarakat dari Pemuda Dasabilitas dapat diberdayakan secara maksimal.

"FPDK sudah pernah dikunjungi dan mendapat apresiasi dari Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga, Gatot Dewa S Broto, dan menyampaikan bahwa Forum ini merupakan pertamakali di Indonesoa dengan fokus binaan adalah Pemuda Disabilitas. Pada kesempatan ini kami mohon perkenan Bapak Gubernur dapat terus memberikan dukungan sebagaimana misi pertama Bapak Gubernur dan Bapak Wakil Gubernur,"lapor Kadispora.

Program lain yang juga dilaporkan adalah rencana pelaksanaan Jambore Pemuda Daerah (JPD) Kaltim yang akan dilangsungkan di Kabupaten Kutai Kartanegara akhir Maret mendatang.

"Bapak Gubernu, kegiatan merupakan ajang seleksi wakil Kalimantan Timur, dimana nantinya sebanyak 14 (empat belas) pemuda dan pendamping alumni PPMI sebanyak 1 (satu) orang terpilih akan mengikuti Jambore Pemuda Indonesia (JPI) tingkat Nasional Tahun 2020 yang rencananya akan diselenggarakan di Provinsi Jawa Timur,"jelasnya.

Terakhir Kadispora menyampaikan bahwa tahun 2020 ini selain mengikuti Pekan olahraga Nasional, Kaltim juga akan mengikuti Pekan Paralympic Nasional yang akan berlangsung setelah PON di Provinsi Papua dikisaran Bulan November

"Sebelumnya, teman-teman dari National Pralympicv Committee (NPC) Kaltim akan menggeglar Pekan Paralympic Provinsi atau Peparprov dan selanjutnya TC sebagai langkah persiapan mengikuti Peparnas,"ujar Kadispora menutup laporannya.

Gubernur Isran Noor menyambut baik seluruh laporan kadispora Kaltim dan berpesan agar seluruh program kegiatan dapat berjalan dengan baik dan dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

"Semua Program harap sisiapkan secara matang dan sebaik-baiknya sehingga dapat maksimal dalam pelaksanaannya. In Sya Allah saya dapat hadir dan membuka kegiatan JPD di Kukar. Kemudian terkait FPDK, Pemerintah Provinsi kalimantan timur berkomitmen untuk mendukung pembinaan Pemuda Disabilitas dalam menuangkan kreatifitasnya dan mandiri serta bermanfaat bagi lingkungannya,"kata orang nomor satu di Benua Etam tersebut.

Mengenai keikutsertaan NPC kaltim di Peparnas, Gubernur mendukung penuh dan mempersilahkan NPC melakukan langkah-langkah persiapan termasuk permintaan bantuan dana hibah ke Pemprov Kaltim (rdi)  

Baca Juga :