KANTOR PELAYANAN PAJAK SAMARINDA ILIR SOSIALISASIKAN PENGISIAN SPT MELALUI E-FILING

SAMARINDA-Kantor Pelayanan Pajak Pratama Samarinda Ilir Kantor Wilayah Direktoral Jenderal Pajak  Kalimantan Timur dan Utara melakuan Sosialisasi Tata Cara Pengisian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan PPh Orang pribadi melalui e-Filing bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Dispora Kaltim, Rabu (26/2/2020).

Sosialisasi kepada wajib pajak untuk melaporkan SPT Tahunan penghitungan pajak 2019 lebih awal, dengan harapan akan memberi kenyamanan kepada wajib pajak disamping menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendayagunaan aparatur Negara dan Reformasi Birlrasi (Menpan RB) nomor 8 tahun 2015 tentang Kewajiban Penyampaian SPT tahunan PPh Orang Pribadi oleh ASN/PNS, Anggota TNI/Polri melalui e-filing yang paling lambat dilakukan akhir Februari 2020.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi kaltim, H Muhammad Syirajudin, yang diwakili kasubbag keuangan, Hastuty Parianty, mengharapkkan agar PNS dapat mengikuti sosialisasi ini sebaik-baiknya sehingga dapat mengisi SPT melalui e-filling tepat waktu.

"Sosialisasi ini dilaksanakan dengan tujuan agar PNS Dispora Kaltim mengerti serta memahami tata cara pengisian dan melaporkan sendiri  SPT PPh Orang Pribadi secara mendetail,"katanya.

Sementara itu, AR Waskon 2 Kantor Pelayanan pajak Pratama Samarinda Ilir, Asgiman, menyampaikan bahwa kewajiban membayar pajak sebagai bentuk partisipasi wajib pajak dalam upaya bela negara, termasuk tentunya membantu kelancaran pembangunan dan mengajarkan soal kejujuran.

 “Sosialisasi ini bertujuan mengingatkan wajib pajak khususnya PNS untuk dapat menyampaikan SPT Tahunan PPh orang pribadi tahun 2019 secara tepat waktu yakni paling lambat akhir bulan Februari 2020. Karena bagaimanapun, pajak tidak semata-mata menjadi tanggung jawab DJP tapi juga menjadi tanggung jawab bersama dari seluruh masyarakat Indonesia,” kata Asgiman yang didampingi Taufiq Rofinto.

Lebih lanjut dijelaskannya kepatuhan atas pengisian dengan benar dan lengkap serta jelas terkait pelaporan SPT Tahunan merupakan kewajiban wajib pajak sebagaimana diatur dalam undang-undang tentang ketentuan umum perpajakan.

“Pelaporan SPT Tahunan tepat waktu, merupakan salah satu indikator kepatuhan wajib pajak. Apalagi saat ini  ditunjang dengan kemajuan teknologi, sehingga sistem pelaporan SPT Tahunan bisa dilakukan dengan mudah dan cepat secara online di djponline.pajak.go.id,” pungkasnya.

Usai acara pembukaan, seluruh peserta kemudian melakukan pengisian dengan e-filling melalui handphone (hp) masing-masing. (rdi)