KUKUHKAN FPDK KALTIM, GUBERNUR AJAK BERSAMA BANGUN KALTIM BERDAULAT

SAMARINDA-Jelang Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke 93 tahun 28 Oktober 2021 mendatang, Gubernur Kaltim H Isran Noor melantik dan mengukuhkan Kepengurusan Forum Pemuda Disabilitas Kreatif (FPDK) Provinsi Kalimantan Timur periode 2021-2023 di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kalimantan Timur, Rabu (8/9/2021).

"Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kalimantan Timur mengucapkan selamat atas pelantikan saudara-saudara semua, sebagai wujud atau niat kita bersama sama untuk mendorong pemuda kita yang tangguh, kreatif di bumi Etam tercinta ini" ujar orang nomor satu di benua etam ini usai melantik dan mengukuhkan kepengurusan organisasi pemuda disabilitas pertama di Indonesia ini.

Dari laporan Kadispora Kaltim lanjutnya FPDK Prov Kaltim ini merupakan satu satunya komunitas anak muda Disabilitas di tanah air yang organisasinya terbentuk secara formal, hal ini sudah di akui oleh pemerintah melalui sekjen Kemenpora RI Gatot S Dewa Broto.

“Ini kebanggaan kita bersama, ini bukti bahwa kita segenap masyarakat Kalimantan Timur, berkumpul, bergerak, dalam satu nafas untuk membangun Kaltim Berdaulat, ini dibuktikan dengan berbagai kegiatan dan kreasi khususnya para pemuda, yang menggambarkan keinginan kuat untuk terus maju secara bersama-sama,”lanjutnya.

Kekuatan, semangat serta persatuan itulah menurut Isran yang menjadi modal besar dalam mensukseskan program-program pembangunan pemerintah, yang tentunya berdampak pada peningkatan, perkembangan baik secara komunal maupun individual.

"Saya percaya bahwa keterbatasan bukan menjadi penghalang untuk berkarya, menuangkan gagasan dan ide ide kreatif pemuda disabilitas dalam membangun masa depannya, terutama di era serba digital seperti saat ini, akhirnya sekali lagi selamat dan sukses bagi para pengurus, selamat berkerja dan berkarya serta bersumbangsih bersama untuk kemajuan provinsi Kalimantan Timur yang kita cintai ini,”pungkasnya.

Sebelumnya dalam laporannya Kadispora Prov Kaltim Agus Tianur mengatakan proses terbentuknya FPDK Kaltim ini melalui beberapa tahapan yang cukup panjang.

"Diawali dengan keinginan kami untuk mewujudkan Visi dan Misi Gubernur yaitu, Berdaulat dalam Pembagunan Sumber Daya Manusia yang berakhlak mulia, berdaya saing terutama Perempuan, Pemuda dan Penyandang Disabilitas,”lapornya.

Selanjutnya melalui Bidang Pengembangan Pemuda melakukan pengumpulan informasi melalui berbagi pihak diantaranya Persaudaraan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kaltim, SLB, komunitas dan masyarakat terkait rekan rekan penyandang Disabilitas yang dinilai memiliki bakat, potensi, kemampuan dan ingin berkarya seperti lazimnya pemuda pemuda yang normal pada umumnya.

"Perlu kami sampaikan juga, bahwa FPDK Kaltim telah memiliki kesekretariatan yang berada di Kompleks stadion madya Sempaja Samarinda. Disamping itu, pada tahun ini sudah dua Kota di Kaltim yang meiliki kepengurusan yakni Kota Bontang dan kota Balikpapan, kedepan sejumlah Kbupaten dan Kota akan segera menyusul," tutup Agus.

Tampak hadir Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Jauhar Effendi, Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Kaltim, Anni Juwairiyah Kabid Pengembangan Pemuda Hardiana Muriyani, Kepala UPTD Pengelola Prasarana Olahraga (PPO) Rusfiansyah, serta Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Masturi Akbar Tapipullah. (fad/rdi/ppiddisporakaltim)

Adapun susunan personil Forum Pemuda Disabilitas Kreatif Provinsi Kalimantan Timur Periode 2021-2023 yaitu :

  • Ketua : Yulia
  • Wakil ketua : Wahyu Setiawan
  • Sekretaris : Agustin Ulmanda Rusmayanti
  • Bendahara : Rafaela Deodata Valentine
  • Anggota :
  • Divisi Informasi Teknologi : Rino Jefriansyah
  • Divisi Seni Budaya : Yuyun Juniati Londong
  • Divisi Humas : Budi Hardian
  • Divisi Keterampilan : Sukmawati