LIGA SANTRI DIMULAI, KADISPORA HARAPKAN LAHIR PESEPAKBOLA NASIONAL

SAMARINDA-Tendangan bola Kasrem 091/Aji Surya Natakesuma Kol Inf Khabib Mahfud, S.I. P menandai dimulainya Liga Santri 2022 Kalimantan Timur, di Stadion Gelora Kadrie Oening Sempaja Samarinda Utara Kalimantan Timur, Senin (20/6/2022).
Liga Santri merupakan program pembinaan sportifitas dan pencarian bakat bagi kalangan santri di pondok pesantren, dengan peserta  berusia 16-18 tahun dan memperebutkan Piala Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman dan secara nasional dibuka oleh KASAD di Stadion Merdeka Jombang, Jawa Timur.
Menariknya liga ini disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube, dengan pelaksanaan secara serentak diseluruh Indonesia dan diikuti oleh 1.511 tim kesebelasan, dimana partai final akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta pada 22 Oktober 2022 mendatang yang bertepatan dengan Hari Santri Nasional.
Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltim melalui Kepala Dinas, Agus Tianur mendukung penuh penyelenggaraan Liga Santr ino sembari berharap munculnya atlet sepak bola dari kalangan santri yang prefesional.
"Santri dengan kedisiplinan yang tinggi selama menempuh pendidikan di pesantren, dapat menjadi modal di lapangan. Sejumlah pesepakbola nasional yang memiliki latar belakang santri sudah membuktikan diantaranya top skor Liga Santri 2016, Muhammad Rafli Mursalim yang membuktikan diri  sebagainstriker haus gol kala membela timas u-19," ujarnya.
Hal ini membuktikan bahwa talenta olahraga bisa muncul darimana saja dengan sistem pembinaan yang berjenjang sebagaimana tertuang dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional dilakukan jangka panjang secara terintegrasi dan kolaboratif untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam bidang keolahragaan.
Tampak hadir dalam acara pembukan diantaranya Wakil Walikota Samarinda Rusmadi, Kasdim 0901 Samarinda Letkol Inf Boyke Napitupulu, Wakapolresta Samarinda AKBP Eko Budiarto, serta Wakil Ketua DPRD Samarinda, Rusdi. (ba/brn/rdi/ppifdisporakaltim)

Berikut Tim yang memastikan lolos ke tahap Provinsi :
1. Kodim 0901 / Samarinda : Aziziyah FC
2. Kodim 0902 / Berau : Al-Ihsan FC
3. Kodim 0904 / Paser : PS Al-Furqon
4. Kodim 0905 / Balikpapan : proses pertandingan
5. Kodim 0906 / Kukar : proses pertandingan
6.Kodim 0908 / Bontang : Hidayatullah Bontang FC
7. Kodim 0909 / Kutim : Yaphiga FC
8. Kodim 0912 / Kubar : Assalam Arya Kemuning FC
9. Kodim 0912 / PPU : Tidak memenuhi Syarat usia < 16 tahun.