MASYARAKAT DI LINGKAR LUAR STADION, VENUE HANYA UNTUK ATLET PON

*HARI PERTAMA UJI COBA PEMBUKAAN KOMPLEKS STADION MADYA SEMPAJA

SAMARINDA-Uji coba pemebukaan Stadion Madya dimulai hari ini, Kamis (7/1/2020).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur, Agus Tianur didampingi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Dispora Kaltim, Rusmulyadi, saat diwawancarai TVRI Kaltim mengatakan dibukanya Stadion Sempaja hanya untuk aktifitas keolahragaan.

“Dengan pembukaan ini banyak pihak yang di berikan kesempatan untuk tetap bugar,sehat,dan kita semua tau bahwa salah satu untuk menjaga imun tubuh dengan cara berolahraga. Tentunya dengan pembukaan ini kita pun memberlakukan aturan-aturan protokol kesehatan dalam rangka mengatasi pandemi ini,”jelas Pria yang akrab disapa Agus tersebut.

Kita lanjutnya, juga menyadari bahwa bahwa banyak tempat-tempat olahraga yang sepatutnya tidak dilakukan secara massal justru sekarang amat krodit (ramai).

“Coba liat Taman Samarendah, itu kan taman, karana fasilitas untuk masyarakat Samarinda berolahraga sangat terbatas, sehingga banyak sekali masyarakat yang menggunakan fasilitas itu sebagai tempat berolahraga, tentu hal ini sangat berbahaya,”katanya.

Di stadion sempaja ini dirinya berharap dapat menjadi contoh beginilah cara berolahraga disuasana pandemi, semua diatur, diawasi, dikontrol melalui patrol yang akan berkeliling baik dengan menggunakan kendaraan atau berjalan kaki.

Mengenai kekhawatiran meledaknya jumlah massa sebagaimana sebelum pandemic, Agus mengatakan hal tersebut tidak akan terjadi.

“Saya yakin massa tidak terlalu banyak. Contoh di hari Minggu, kenapa masa sangat melimpah karena ada wisata belanja, sebagian pengunjung bukan untuk berolahraga tapi untuk menikmati kuliner,dengan ditutupnya wisata belanja yang dilaksanakan Bank Kaltintara, saya yakin kerumunan-kerumunan yang seperti kita banyangkan tidak akan terjadi,”yakinnya.

Bagi pengunjung yang datang, dirinya mengatakan pihak UPTD Pengelola Prasarana Olahraga (PPO) telah mengatur bahwa  pintu masuk hanya melalui pintu utama dan parkir ditempat yang sudah disediakan.

Kemudian untuk lintasan luar Stadion Madya hanya digunakan semata-mata untuk lari pagi, lari sore, dan jalan santai.

“Sementara untuk venue disini hanya boleh digunakan oleh atlet dalam rangka untuk persiapan PON, diluar dari pada itu tidak diperkenankan, itupun juga berdasarkan rekomendasi dari KONI Kaltim dengan menggukan tanda pengenal khusus baru mereka boleh menggunakan venue-venue yang ada di tempat ini,”lanjutnya.

Dirinya mengingatkan kepada pengguna, bahwa saat ini masih tahap uji coba, kalau di anggap masyarakat taat dengan protokol kesehatan maka akan terus berlanjut, kemudian bila hanya sebagian tidak taat akan dilakukan teguran lebih keras, namun kalau dianggap tempat ini di luar batas kewajaran, maka Dispora akan mempertimbangkan  untuk dihentikan.

“Terkait jadwal pembukaaan, untuk pagi dimulai pulul 06.00 hingga pukul 09.00 Wita, dan untuk sore pukul 15.30 hingga 17.30 Wita. Petugas PAtroli kita akan terus memantau pengguna untuk mematuhoi protocol kesehatan,”tegasnya.

Pihaknya juga memasang spanduk himbauan kepada masyarakat pengguna  untuk selalu taat menjalani protokol kesehatan.

“Mudah mudahan dengan dibukanya ini, masyarakat benar benar memanfaatkan untuk kesehatan dan kebugaran untuk menjaga imun tubuh dari penularan pandemic,”pungkasnya. (ba/rdi)