MENYISAKAN KUTIM, CALON PASKIBRAKA KALTIM SEGERA DIUMUMKAN

SAMARINDA-Setelah kurang lebih 2 bulan melakukan seleksi terhadap 1.134 Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Calon Paskibraka) di 9 Kabupaten dan Kota se Kalimantan Timur, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kaltim melalui Bidang Pengembangan Pemuda akan segera mengumumkan 40 Calon terpiluh yang akan bertugas pada pengibaran Bendera Merah Putih sekaligus menyiapkan 2 Calon yang akan bertugas di Istana Negara.

Untuk itu, Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Pemuda, Rasman memimpin langsung jalannya rapat evaluasi pelaksanaan Calon Paskibraka (Capas) di ruang rapat Ruhui Rahayu Kantor Dispora, Rabu(11/5/2022) dengan diikuti tim seleksi dan panitia pelaksana.

Diketahui bahwa dari 10 Kabupaten dan Kota yang ada, hanya Kutai Timur (Kutim) yang belum melaksanakan seleksi dan baru akan dilakukan pada tanggal 17-19 Mei 2022 mendatang dengan dihadiri langsung Tim monitoring dan evaluasi (monev) dari Sekretariat Militer Presiden Kementerian Sekretariat Negara RI.

“Pada tahun ini seleksi capas bisa dilaksanakan dengan melakukan seleksi langsung di seluruh Kabupaten dan Kota, sebagai upaya kita bersama mendapatkan calon terbaik untuk bertugas di Provinsi serta di tingkat nasional tentunya, ujar Rasman.

Kepada tims eleksi yang terdiri dari Korem 091.Aji Surya Natakesuma, Polres Kota Samarinda serta Purna Paskibraka Indonesia dan dari Dispora Kaltim sendiri, Rasman meminta masukan dan evaluasi dalam proses pelaksanaan seleksi sehingga dapat diperbaiki dan ditingkatkan pada seleksi mendatang.

Kajasrem 091/ASN, Kapten Zet Yakhin menyampaikan bahwa proses seleksi sudah berjalan dengan baik, walaupun tentu ada sejumlah hal yang membuat Kabupaten dan Kota merasa belum terbiasa dengan metode yang dilakukan.

“Kita harus bersyukur bahwa seleksi Sikap Gerak Pemanampilan (SGP) menjadi salah sati indicator penilaian. Dimana belum semua provinsi di tanah air melakukannya. Dari SGP kita mengetahui kelebihan dan kekurangan pada postur calon. Tidak hanya modal wajah ganteng atau cantik, namun juga sejumlah catatan seperti kaki yang berbentuk X atau O dan struktur tubuh penunjang dalam melakukan gerakan juga kita lihat,”jelasnya.

Untuk itu dirinya meyakini bahwa caloin terpilih adalah memang yang terbaik dari Kabupaten dan Kota serta tim berhasil meminimalisir adanya intervensi terhadap kelulusan calon.

Selanjutnya, usai pelaksannan tes SGP, Jasmani serta LBB di Kutim, tim akan melakukan seleksi pemahaman Pancasila dari BPIP, tes psikologi dan tes kesehatan pada tanggal 23-25 Mei mendatang.

“Untuk metode tes selanjutnya kita akan lihat hasil rapat dengan Kabupaten dan Kota yang akan dilaksanakan Kamis, 19 Mei 2022. Apakah 40 calon akan datang langsung ke Samarinda, menghadirkan 3 besar saja, atau seleksi secra daring,”pungkas Rasman. (ba/rdi/PPIDdisporakaltim)