PAHAMI KEJIWAAN CALON PASKIBRAKA, DISPORA KALTIM LAKUKAN TES PSIKOLOGI

SAMARINDA-Guna mengetahui secara utuh, aspek psikologis individu agar dapat memberikan gambaran di setiap individu Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) nasional tingkat Provinsi Kalimantan Timur, Panitia Seleksi (pansel) melakukan tes psikologis bagi 10 Calon Paskibraka tersebut.

Bekerjasama dengan Himpunan Psikolog Indonesia (HIMPSI) Kalimantan Timur, peserta yang berasal dari 9 Kabupaten dan Kota se Kaltim tersebut dilaksanakan dalam dua tahapan meliputi tes tertulis pada Jum’at (7/5/2021) pagi dan tes wawancara pada Jum’at siangnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kaltim, Agus Tianur, tes psikologis ini menjadi dasar untuk mengenali karakter Calon Paskibraka.

“Kita harus melihat potensi Calon Paskibraka secara menyeluruh, tak hanya kemampuan baris berbaris saja, tapi kejiwaan mereka juga harus kita ketahui, sehingga kita dapat memilih wakil terbaik bagi Kalimantan Timur nantinya di tingkat nasional,”ujarnya saat meninjau langsung pelaksanaan tes psikologis secara virtual dari Ruang Rapat Ruhui rahayu kantor Dispora Kaltim didampingi Kabid Pengembangan Pemuda Hardiana Muriyani.

Dirinya pun kembali menegasakan bahwa pihaknya tidak akan berkompromi dengan titipan siapapun, penentuan wakil Kaltim berdasarkan selmua hasil tes yang dijalani para calon Paskibraka.

Hj. Nuraidah Wahyu Sulistiyani, Ketua Himpsi Kaltim mengatakan tes ini diberikan sebagai alat ataupun sarana dalam memahami peserta.

“Keseluruhan dari proses tes itu dilakukan sesuai dengan standar pelayanan kode etik seorang psikolog, melalui berbagai tolok ukur yang dijabarkan lewat materi tes guna  mengetahui kondisi kesehatan mental, kepribadian, tingkat intelengensi (IQ), hingga kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta,”ujarnya.

Selama menjalani tes psikologi ini, Peserta Calon Paskibraka diminta menjawab soal dalam bentuk tes tertulis, maupun menjalani wawancara satu per satu dengan psikolog yang menangani.

Tampak ikut memantau jalannya tes psikologi tersebut, Kasi Kepemimpinan, Kepeloporan dan Kemitraan Pemuda, Syahril, Kasi Infrastuktur dan Kewirausaan Pemuda kepada Mohammad Husnul Yudian serta sejumlah pejabat dari Dinas yang menangani Kepemudaan di Kabupaten Kota se Kaltim. (rdi/ppiddisporakaltim)