PASKIBRAKA SE KALTIM SEGERA DIKUKUHKAN JADI DUTA PANCASILA

SAMARINDA-Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (paskibraka) terhitung sejak tahun ini akan dikukuhkan sebagai Duta Pancasila.
Guna memastikan seluruh paskibraka yang bertugas di tingkat provinsi dan kabupaten/kota telah dikukuhkan, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Jum'at (10/9/2021) siang melakukan pertemuan dengan Dispora serta kesbangpol se Kaltim.
Direktur Pengendalian BPIP Mukhammad Fahrurozi mengatakan hal tersebut merupakan amanat dan implementasi Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2021 dan Peraturan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Pembinaan Ideologi Pancasila pada Generasi Muda melalui Program Paskibraka.
Syarat pengukuhan duta pancasila jelasnya, anggota Paskibraka harus mengikuti Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) yang dilakukan secara daring dan berlangsung di tingkat kabupaten/kota hingga nasional.
"Materi tes PIP dapat dipelajari dari bahan ajar Pancasila yang selama ini telah didapat paskibraka di sekolah dengan lebih menekankan pemahaman pengamalan nilai-nilai Pancasila,” katanya.
Nantinya, Duta Pancasila tersebut akan bergabung dalam wadah  organisasi Duta Pancasila Paskibraka Indonesia (DPPI).
"Pengukuhan Duta Pancasila kami harapkan dalam dua bulan ke depan sudah selesai untuk paskibraka Kaltim, pelaksanaannya kami berharap koordinasi dari dispora kabupaten/kota segera menyampaikan waktunya,"pesannya.
Dispora Kaltim pada kesempatan tersebut diwakili Kabid Pengembangan Pemuda Hardiana Muriyani hadir secara virtual dari Ruang Rapat Ruhui Rahayu Lantai 2 Kantor Dispora Kompleks Stadion Madya Sempaja Samarinda didampingi Kasi Kepimpinan, Kepeloporan dan Kemitraan Pemuda, Syahril dan Kasi Infrastruktir dan Kewirausahaan Pemuda Agung Sugiarto.
Sementara dari Kabupaten/Kota tampak hadir Kadis DPOP Balikpapan, Doortje Marpaung, sejumlah Kasi Kepemudaan Dispora dan Kesbangpol se Kaltim, dan Sekretaris Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kaltim, Eko Hady. (rdi/ppiddisporakaltim)