PELATIH BUKAN SEKEDAR MELATIH

SAMARINDA-30 peserta pelatihan peningkatan kompetensi keolahragaan dalam meningkatkan prestasi olahraga di Kaltim, dengan tema sosialisasi dan implementasi sport dalam sport science and technology menuju prestasi internasional, di Hotel Grand Senyiur Balikpapan mendapatkan beragam ilmu kepelatihan yang bermanfaat.
Seperti pada Selasa (25/5/2021) para pelatih yang akan membawa atletnya berkompetisi di Pekan Olahraga Pelajar Naeional (POPNAS) mendatang ini mendapatkan materi long term athlete deploment menuju prestasi puncak oleh narasumber Dr H Dikdik Zafar Sidik dari Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.
"Untuk menjadikan atlet yang berprestasi, sudah kita ketahui diperlukan persiapan yang panjang, terstruktur dan sistematis. Persiapan panjang saja, tanpa struktur dan sistematika yang baik tidak akan menghasilkan keluaran yang maksimal, jadi pelatih bukan sekedar melatih,"jelasnya.
Dengan adanya tahapan perkembangan lanjutnya tentu juga dapat disiapkan jenjang karir atlet, sejak kecil hingga puncak prestasi dan pensiun sebagai atlet.
"Jenjang kompetisi juga harus dapat tertata dengan baik, sesuai dengan tumbuh kembang atlet. Seperti misalnya kompetisi di bawah usia 12 tahun, bukan mendidik.merka tentang menang dan kalah tapi lebih kepada banyak aspek, seperti tingkat partisipasi, kedisiplinan, sportivitas, fairness dan lain-lain,"tambahnya.
Para pelatih tak hanya mendapat materi, tapi juga langsung mendapatkan praktek atas setiap ilmu yang didapat.
Dengan melibatkan partisipan atlit usia dini (9-14 tahun) yang sudah teridentifikasi oleh Cabor Atletik Kota Balikpapan, para peserta langsung mendapat konsep identifiksi dan pengembangan bakat oleh narasumber Fitri Rosdiana.
Selanjutnya dalam lanjutan praktek di luar ruangan atau di lapangan, peserta diharapkan mampu mengetahui identifikasi bakat horizontal maupun vertikal. (rdi/ppiddisporakaltim)