RAKORNIS SEPAKATI PEMBANGUNAN PORA LEBIH MASIF DAN TERARAH

*BONTANG TUAN RUMAH RAKORNIS PORA 2022

BALIKPAPAN-Setelah melalui sejumlah rapat pleno selama 3 hari pelaksanaan di Hotel Gran Senyiur Balikpapan, peserta Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi program Dispora se Kaltim menyepakati melakukan pembangunan Bidang Kepemudaan dan Keolahragaan (Pora) lebih massif dan terarah.

“Hal ini sesuai dengan pesan dan arahan Bapak Gubernur Isran Noor ketika membuka Rakornis Dispora se Kaltim. Jadi jangan sampai apa yang telah kita sepakati dengan melahirkan sejumlah program kegiatan yang bertujuan untuk pembangungan Kepemudaan dan Keolahragaan hanya diatas kertas saja, harus kita upayakan terealisasi,”pesan Agus ketika menutup Rakor tersebut, Selasa (6/7/2021) di Hotel Gran Senyiur Balikpapan..

Dirinya mengakui bahwa dalam mewujudkannya aka nada kendala-kendala termasuk harus menyesuaikan dengan keadaan dengan pandemi yang sedang melanda dunia.

“Tentu kita akan menemui sejumlah kendala termasuk menyesuaikan dengan pandemi Covid 19 saat ini. Semoga semua dapat berjalan sesuai rencana dan kita selalu diberikan kesehatan,”lanjutnya.

Agus pun menyampaikan apresiasi dan terimakasih setinggi-tingginya atas partisipasi para peserta yang mengikuti rakor secara daring maupun luring dan tetap memberikan ide-ide kreatif dalam melahirkan program pembangunan pora.

Dalam rakor tersebut, Kota Bontang secara aklamasi dipercaya sebagai penyelenggaran Rakornis ke-12 tahun 2022 mendatang. Kemudian untuk Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tahun 2023 ditetapkan di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Sejumlah kesepakan di Bidang kepemudaan diantaranya Setiap Kab/Kota diharapkan menganggarkan pengiriman peserta untuk mengikuti Seleksi Jambore Pemuda Daerah (JPD) Tingkat Provinsi Kaltim termasuk pamerannya, Seleksi Pepelingasih, Pembinaan IPTEK dan Imtaq Kepemudaan serta Pendampingan Peserta Jambore Pemuda Indonesia (JPI) Tingkat Nasional.

Disamping itu Kabupaten/Kota juga bersedia mengirimkan peserta Rakor Sinkronisasi Program dan Kegiatan Kepemudaan dan Keolahrgaan tahun 2022 termasuk berperan aktif dalam mengikuti penilaian Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang Kepemudaan.

Di Bidang Olahraga, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota sepakat bertanggungjawab untuk mewujudkan tujuan penyelengaraan keolahragaan nasional melalui Grand Desain Olahraga Nasional sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2007 tentang Penyelenggara keolahragaan.

“Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur mendorong lahirnya Grand Desain  Olahraga Daerah Kalimantan Timur dengan mengidentifikasi dari cabang olahraga unggulan dan andalan yang sudah      memberikan kontribusi kepada bangsa Indonesia melalui Multi Even Olympic, Asian Games dan Sea Games,”kata Sekretaris Aswanda yang membacakan hasil kesepakatan rakornis.

Guna pembangunan olahraga pendidikan yang terintergrasi dan berkesinambungan, Rakornis juga menghimbau agar Rakornis juga Dispora Kabupaten dan Kota untuk segera membentuk atau melaksanakan Muskot/Muskab Bapopsi masing-masing Kabupaten Kota paling lambat Agustus 2021.

Usai pembacaan Berita Acara Kesepakatan, acara penutupan Rakornis dilanjutkan dengan penandatangan Berita Acara oleh seluruh Kepala Dinas yang menanganai Kepemudaan dan keolahragaan atau yang mewakili serta pemberian cindera mata dari Kadispora Kaltim Agus Tianur kepada masing-masing Kabupaten dan Kota. (rdi/ppiddisporakaltim)