SEPULUH CALON PASKIBRAKA KALTIM BERSAING KE TINGKAT NASIONAL

*Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Nasional Berlangsung Virtual

SAMARINDA-Seleksi Calon Pasukan Pengibar bendera Pusaka (Paskibraka) nasional tingkat Provinsi Kalimantan Timur berlangsung secara virtual dan diikuti 9 Kabupaten dan kota se Kalimantan Timur minus Kabupaten Mahkam ulu yang tidak mengirimkan pesertanya.

Dibuka Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltim Agus Tianur yang diwakili Kabid Pengembangan Pemuda Hardiana Muriyani menyampaikan bahwa proses seleksi ini kan berlangsungs elama 2 (dua) hari dengan materi seleksi meliputi Gerakan Baris Berbaris, Tes Pancasila dan Psikologi.

“Terimakasih kami sampaikan ke Dispora Kabupaten dan kota se Kaltim yang telah memfasilitasi calon pesertanya dalam mengikuti seleksi kali ini yang dilaksanakan secara virtual mengingat pandemi Covid 19 masih ada disekitar kita,” ujarnya.

Dirinya juga menngtakan bahwa kesempatan bagi seluruh peserta sama besarnya, sehingga tes kali ini tim pelatih akan melihat langsung kualitas yang dimiliki baik itu kelebihan dan kekurangan.

“Kita juga akan mengadakan tes psikologi guna mengetahui kepribadian peserta yang dilakukan oleh Himpunan Psikog Indonesia (HIMPSI) Kaltim, sementara untuk tes Pancasila akan dilakukan oleh badan Pembinaan Ideologoi Pancasila (BPIP) sebagaimana arahan dari pemerintah pusat,”jelasnya.

Selain tahapan seleksi tersebut, setiap peserta nantinya akan mengikuti tahapan seleksi kesehatan.

“Jadi semua lini kita lihat, tujuannya yang menjadi wakil Kaltim adalah yang terbaik dan layak membawa nama Kalimantan Timur di tingkat nasional,”ujarnya.

Tujuan seleksi Paskibraka adalah untuk meningkatkan persatuan di kalangan generasi muda, sekaligus membangun karakter pemuda dan membangun rasa cinta tanah air.

Tujuan lainnya adalah membangun pemuda yang memiliki ahlaq mulia. Mereka akan tampil dan menjadi petugas pengibar bendera dalam peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76, tahun ini.(rdi/ppiddisporakaltim)