SUDAH WAKTUNYA BANGUN PRESTASI OLAHRAGA DENGAN GAYA BARU

SAMARINDA-Berbicara di acara dialog interaktif Publika TVRI Kaltim dengan tajuk Hari olahraga Nasional Menuju Atlet Maju dan Berprestasi, Kadispora Kaltim Agus Tianur mengatakan sudah waktunya membangun prestasi dengan gaya baru.
Dialog interaktif ini sendiri dalam rangka memperingati Haornas ke XXXVIII yang mengusung tema Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Menuju Indonesia Maju.
"Selama ini kita hanya terpaku dengan atlet yang lahir by accident atau kata lainnya atlet 'nemu'. Cara ini harus mulai ditinggalkan dengan beralih membangun prestasi dirancang secara terprogram dan terstruktur atau istilahnya by design," jelas pria yang pernah menjabat sebagai Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kaltim ini.

Gaya lama ini telah lama mewarnai dunia olahraga di Indonesia dengan selalu menerapkan bongkar pasang ketika  mengikuti even.
"Sering kita lihat, jika tahun ini bisa meraih prestasi, tahun selanjutnya akan berkutat mempertahankan prestasi tersebut dengan susah payah dikarenakan minimnya pembinaan secara berjenjang yang dimulai dari usia dini. Kita haru memiliki lapis di tiap jenjang ini dengan  produk-produk atlet yang kualitasnya baik," lanjutnya
.
Dengan adanya konsep by design ini diharapkan akan menghasilkan produk atlet berprestasi secara berkelanjutan serta mendongkrak prestasi secara nasional melalui ajang PON maupun internasional di ajang Olimpiade dan Paralimpiade.
"Pemerintah pusat maupun pemerintah daerah melalui Dispora Kaltim akan berkerja keras untuk mewujudkan DBON ini, dengan terus meningkatkan pembinaan sejak usia dini, terutama untuk cabor olahraga unggulan guna memenuhi target prestasi olahraga Kaltim kedepannya," pungkasnya.
Disamping Agus hadir pula sebagai pembicara adalah pengamat olahraga Bsnua Etam, Ego Arifin, serta pelatih cabor Tarung Derajat, Nur Fajeriah, yang hadir secara virtual. (fad/rdi/ppiddisporakaltim)