SYIRAJUDIN MINTA FKP LAHIRKAN WIRAUSAHA MUDA PEMULA DI SELURUH KALTIM

SAMARINDA- Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP) merupakan salah satu organisasi kepemudaan binaan Dispora Kaltim yang merupakan  wadah untuk pemuda (usia 16-30 tahun sbegaimana amanat Undang-Undang nomor 40/2009) yang  memiliki misi agar para wirausaha muda dapat saling berbagi, bertukar pikiran, data dan informasi guna mengembangkan keunggulan dan daya saing produk kewirausahaan pemuda di kancah nasional, regional dan internasional.
Di Kalimantan Timur sendiri, FKP pertamakali dibentuk lada tahun 2015 lalu, dan pada hari ini, Jumat (11/9/2020) secara resmi dilantik kepengurusan periode ke-3 oleh Plt. Kadispora Kaltim, H Muhammad Syirajudin di Hotel Harris Samarinda.
"Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur terus mendorong pertumbuhan dunia usaha, khususnya bagi generasi muda. Berbagai upaya serta fasilitasi telah dilaksanakan pemerintah untuk menumbukan jiwa entrepreneur khususnya di kalangan pemuda,"ujar Syirajudin dalam arahannya setelah melantik kepengurusan yang dinahkodai Ali Irfani tersebut.
Kewirausahaan pemuda lanjutnya merupakan bagian tak terpisahkan dari upaya pengembangan pemuda agar tidak menjadi beban pembangunan namun menjadi aset pembangunan melalui  sebuah forum yang disebut dengan Forum Kewirausahaan Pemuda ini.
"Faktor paling penting dalam pengembangan kewirausahaan pemuda adalah adanya kesadaran diri (awarness), spirit dan minat yang kuat dari dalam diri pemuda itu sendiri untuk menjadi seorang wirausahawan. Dispora Kaltim akan senantiasa berupaya untuk terus menerus menumbuh kembangkan kebijakan, koordinasi dan kerja sama dengan stakeholders terkait”,katanya lagi.
Ketua FKP Kaltim Ali Irfani menyampaikan fungsi FKP antara lain mewadahi setiap pemuda yang ingin mengembangkan diri dibidang kewirausahaan.
"Disamping itu menumbuhkan potensi keberagaman bakat, keterampilan, kewirausahaan,dan pengetahuan hingga penyelesaian masalah yang signifikan untuk mendukung upaya peningkatan ekonomi kerakyatan, serta membina kerjasama strategis dan saling menguntungkan dengan kalangan Pemerintah, sektor swasta, organisasi sosial, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), para praktisi pengembang masyarakat, cendekiawan, dan mitra kepemudaan lainnya, guna kemajuan dalam kemandirian dan independensi organisasi dan cita-cita kesejahteraan,"jelasnya.
Pemuda yang memiliki usaha Sat Cak Wan ini menyatakan siap mengemban amanah menuju visi kaltim berdaulat dalam misi berdaulat kepemudaan dan ekonomi.
"Untuk itu ada beberapa pembenahan yang akan segera saya lakukan, terutama segera membentuk FKP di seluruh Kabupaten dan Kota se-Kalimantan Timur. Hingga saat ini bru Samarinda yang terbentuk kepengurusannya, kemudian Bontang, Balikpapan dan Kutim baru bersifat mandat,"jelas pemuda yang kembali menjabat Ketua di periode kedua ini.
Terakhir, Irfan mengatakan dwngan terbentuknya FKP di seluruh Kaltim maka dapat mempermudah menjalankan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim, serta pengkaderan    baik secara Wira usaha atau sosial yang disingkat Sosiopreneur dapat terwujud. (rdi)