TINGKATKAN KUALITAS WASIT, DISPORA KALTIM GELAR PELATIHAN

Samarinda-Sebagai upaya meningkatkan kualitas wasit khususnya di Cabang Olahraga (cabor) Gulat, Dispora Kaltim menggelar Pelatihan Wasit Cabor Gulat Nasional se-Kaltim.
Kegiatan yang berlangsung di salah satu hotel bilangan jalan Imam Bonjol Samarinda tersebut, juga bertujuan untuk pengembangan peningkatan SDM wasit Gulat dalam rangka persiapan POPDA dan PON XX tahun 2021.
Asisten bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Kaltim, Dr Jauhar Effendi mengatakan kegiatan yang diikuti 30 peserta tersebut merupakan bentuk keseriusan Pemprov Kaltim dalam upaya peningkatan prestasi olahraga khususnya Gulat yang menjadi andalan Kaltim pada event olahraga Nasional.
"Atas nama pemerintah provinsi saya mengapresiasi kegiatan pelatihan Wasit Gulat ini, dimana peran wasit sangatlah vital pada setiap perhelatan pertandingan, jika manajemen wasit di dalam satu pertandingan itu baik serta profesional, maka bisa dipastikan jalannya pertandingan tersebut akan berlangsung lancar dan memberi kepuasan semua pihak,"ujarya.
Lebih lanjut, Jauhar mengungkapkan bahwa banyak permasalahan di setiap event pertandingan olahraga terjadi dikarenakan minimnya pengetahuan wasit terkait rule of the game.
"Wasit harus mau mengikuti perkembangan aturan, kalau nggak ya ketinggalan dan pasti akan berpengaruh
Menutup sambutannya, Jauhar berharap melalui pelatihan ini, para wasit yang nantinya dipersiapkan untuk kegiatan event olahraga baik di tingkat daerah maupun nasional, dapat menambah keilmuan dan keterampilan terbaru.
Dalam laporannya, Kadispora Kaltim Agus Tianur menyampaikan ada 3 narasumber  pada kegiatan pelatihan ini, yakni Ali Asmi dari Sumatera Barat, Basri Sitohang dari Sumatera Utara dan Roni Gunawan dari Jawa Barat.
"Semoga melalui pelatihan ini, SDM perwasitan kita, khususnya untuk Gulat semakin meningkat, dan bisa ikut berpartisipasi dalam memimpin event olahraga bertaraf nasional dan internasional di masa mendatang," ujar Agus menutup laporannya. (fad/rdi/ppiddisporakaltim)