UPTD PPO LAKUKAN PENYEMPROTAN CAIRAN DISINFEKTAN DI KOMPLEKS STADION MADYA

SAMARINDA- Unit Pelaksana Tekhnis Dinas Pengelola Prasarana Olahraga (UPTD PPO) Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur melakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh ruangan di Kompleks Stadion Madya Sempaja Samarinda sebagai langkah untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19, Kamis (19/3/2020).

Kepala UPTD PPO, Sayid Husein Sadly, mengatakan penyemprotan disinfektan ini dilakukan sebagai bentuk upaya memberikan perlindungan terhadap kesehatan dan keselamatan para pengguna dan pekerja yang beraktivitas di Kompleks Stadion Madya Sempaja.

“Setiap harinya sekitar 3.000 orang beraktivitas di Kompleks Stadion Madya Sempaja, baik itu pegawai Dispora Kaltim dan UPTD PPO, kemudian Pekerja kebersihan, serta masyarakat yang berolahraga. Belum lagi bila hari libur jumlah masyarakat yang beraktifitas mencapai velasan hingga puluhan ribu, sehingga tentu perlu dilakukan langkah-langklah antisipasi salah satunya yang penyemprotan cairan disinfektan ini, “jelasnya.

Ditemui terpisah, Kadispora Kaltim, H Muhammad Syirajudin mengapresiasi apa yang dilakukan oleh UPTD PPO tersebut yang tentu diharapkan pelayanan kepada masyarakat dapat tetap berjalan dengan baik.

"Saat ini sebagaimana kita ketahui  bersama penyebaran virus corona cukup mengkhawatirkan, terlebih tadi malam (Rabu Malam (28/3/2020),-red) sebagaimana disampaikan Bapak Gubernur bahwa di Kota Samarinda telah terdapat satu pasien positif yang tengah dirawat di Rumah Sakit A.W. Syahranie, sehingga langkah ini sangat tepat untuk mencegah berbagai kemungkinan terburuk,”katanya.

Penyemprotan sendiri dilakukan oleh staf UPTD PPO, dengan diawali di lingkungan Kantor UPTD PPO, kemudian dilanjutkan di sarana dan prasarana olahraga, dan kemudian di Kantor Dispora Kaltim yang terletak di dalam Kompleks Stadion yang beridri sejak tahun 2004 tersebut.

Kepada masyarakat yang beraktifitas di lingkungan stadion, Kadispora menghimbau melakukan langkah-langkah protokol kewaspadaan pencegahan wabah Covid-19 bagi kegiatan keolahragaan yang telah dikeluarkan oleh Kemenpora diantaranya menjaga jarak dalam melakukan kegiatan olahraga sejauh minimal 1 hingga 2 meter, kemudian tidak emlakukan interaksi fisik secara langsung, menggunakan masker, dan bagi yang merasakan demam, batuk serta pilek agar segera menghubungi pelayanan kesehatan gterdekat seperti rumah sakit, puskesmas atau klinik.

“Mari kita mengikuti protocol kewasapadaan covid-19 yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah, hal ini merupakan salah satu bentuk pencegahan agar penyebaran viris Covid-19  tidak semakin luas,”pungkas Kadispora. (rdi)