Gubernur : Semua Unsur Pemuda Terlibat HSPN ke 85 – 2013 Kaltim

Friday, 19 July 2013 04:01 rusmul
Print PDF

 

Gubernur minta Kaltim Harus Jadi Tuan Rumah yang Baik

 

 

SAMARINDA – Gubernur Kaltim, H Awang Faroek Ishak meminta semua unsur kepemudaan terlibat menyemarakkan peringatan Hari Sumpah Pemuda Nasional (HSPN) ke 85 – 2013 Kaltim. Karenanya, kapanitian lokal diimbau mengajak sebanyak-banyaknya unsur kepemudaan dengan tidak membatasi hanya melibatkan organisasi kepemudaan saja.

“Ini (HSPN,Red) kan harinya pemuda. Jadi seluruh unsur pemuda harus dilibatkan menyemarakkan hari bangkitnya pemuda yang juga disebut hari raya kaum muda ini. Jangan sampai ada pembatasan hanya sebagian kelompok pemuda. Jika perlu semua unsur pemuda, terlebih mereka yang berprestasi dibidangnya masing-masing diajak untuk terlibat,” tegas Gubernur Faroek saat meminpin rapat persiapan penyelenggaraan puncak peringatan HSPN ke 85 - 2013, di Kantor Gubernur Kaltim, Samarinda, Selasa (16/7) siang.

Rapat selain membahas persiapan puncak peringatan HSPN, juga membahas persiapan penyelenggaraan Jambore Pemuda Indonesia (JPI), dan Merajut Indonesia, serta launching donor darah se Dunia dan Kejurnas Panjat Tebing yang juga diselenggarakan bertepatan puncak peringatan HSPN. Hadir saat itu Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI, Alfitra Salam beserta jajaran terkait, Asisten III Sekprov Kaltim, H Bere Ali, serta Kepala SKPD lingkup Kaltim dan FKPD Kaltim.

Lebih lanjut, Faroek berharap pada saat itu turut dikemas suatu kegiatan spektakuler yang melibatkan unsur kemudaan berprestasi dimaksud. Bahkan, pihaknya meminta atlet Kaltim dan yang tergabung dalam SKOI Kaltim untuk ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Hal tersebut, menurut Faroek, sekaligus sebagai ajang promosi bahwa Kaltim memiliki potensi pemuda berprestasi diberbagai bidang masing-masing, baik tingkat nasional maupun internasional.

Berkaitan itu, pihaknya meminta segenap unsur kepanitian yang terlibat dapat bekerja sungguh-sungguh mensukseskan penyelenggaraannya. Pada saatnya, Kaltim akan kembali kedatangan ribuan tamu dari berbagai penjuru tanah air dan Negara- Negara ASEAN. Apalagi, kegiatan tersebut rencananya akan dihadiri Presiden RI beserta Menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II terkait.

“Kaltim harus jadi tuan rumah yang baik. Kita harus mampu mengulang kesuksesan penyelenggaraan kegiatan nasional terdahulu yang dilaksanakan di Kaltim. Saya rasa pengalaman penyelenggaraan kegiatan nasional terdahulu dapat menjadi pelajaran baik untuk diterapkan mensukseskan kegiatan mendatang,” katanya.

Bertepatan itu, Gubernur mengaku akan mengagendakan peresmian dan peletakan batu pertama proyek-proyek MP3EI Kaltim. Diantaranya peresmian pembangunan perluasan Airport Bandara Sepinggan Balikpapan, pembangkit listri 2x41 Mgw Senipah, peletakan batu pertama Trans Kalimantan Economic Zone (TKEZ) Kutim.

Sementara Alfitra Salam mengatakan, penetapan Kaltim menjadi tuan rumah puncak peringatan HSPN dilakukan sejak 2012. Penyelenggaraannya didukung tiga kegiatan nasional. Karenanya, kegiatan tersebut akan diikuti 1.200 pemuda se Indonesia yang peserta JPI. Kedutaan Besar 10 Negara ASEAN dan 3 Negara Non ASEAN. Termasuk akan dihadiri ibu-ibu Dispora se Indonesia dengan rencana kegiatan tersendiri, yakni pemecahan rekor MURI lanching donor darah se dunia.

“Meski begitu, kita berharap ini (launching donor darah se dunia,Red) tidak hanya sekedar kegiatan ritual. Tapi juga menjadi ajang memberikan penghargaan bagi pendonor,” katanya.

Ditambahkan Kepala Dispora Kaltim. H Sigit Muryono, secara khusus JPI akan diikuti masing – masing 32 orang putra/putri dari 33 Provinisi. Termasuk dari 10 Negara ASEAN dan 3 Negara Non ASEAN. Disamping juga akan dimeriahkan aksi spektakuler aksi terjun payung sebelum membaca ikrar sumpah pemuda dan panjat tebing mengibarkan Bendera Merah Putih dengan ukuran 1.500 M2. “Yang lainnya akan dimeriahkan berbagai hidburan dan pameran,” katanya.(arf)

 

Informasi Lain

Gallery Dispora

Situs Terkait