IYAD : SUDAH SAATNYA CABOR LIBATKAN TEKHNOLOGI LAHIRKAN ATLET BERPRESTASI

BALIKPAPAN-Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini teknologi telah mengalami kemajuan yang harus menjadi perpaduan dengan bidang olahraga.
"Kita bisa melihat negara seperti China ataupun Amerika telah melibatkan tekhnologi dalam pembentukan atletnya. Hasilnya jelaa, mereka saat ini mendominasi perolehan medali di ajang multi event internasional," ujar Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, H M Syirajuddin mewakili Pj Gubernur ketika membuka pelatihan sport science bagi pelatih, wasit/juri cabang olahraga (cabor) Softball dan Baseball serta Sky Air dan Wakeboard.
Dalam acara yang berlangsung di Ruang Belayan Hotel Gran Senyiur Balikpapan, Jum'at (3/11/2023) itu, pria yang akrab disapa Iyad ini, kemajuan teknologi secara langsung akan mendongkrak prestasi olahraga.
"Kita harus bisa mengikuti kemajuan di era digital, termasuk pemanfaatan tekhnologi di dunia olahraga. Ini juga harua diikuti dengan kemampuan pelatih, jangan sampai gaptek (gagap tekhnologi, red)," tambahnya.
Kemajuan teknologi dalam olahraga lanjutnya, juga mampu mendukung dalam oemilihan atlet potensial secara profesional.
"Mari kita tanggalkan dan tinggalkan metode pemilihan atlet karena kedekatam, karena kekerabatan atau hal lainnya. Ini akan mempengaruhi prestasi. Kejujuran ini juga untuk wasit/juri, pertandingan akan berkualitas bila fair play diutamakan. Kasihan atlet sudah berlatih keras, harus dijatuhkan dengan tindakan wasit/juri yang kurang sportif," tutupnya.
Kepala Dispora Kaltim, HM Agus Hari Kesuma yang diwakili Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga, Masruri Akbar Tapippullah, melaporkan bajwa kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 30 peserta di masing-masing cabor dengan lama pelatihan selama 2 hari ke dwoan.
Tampak hadir pada acara pembukaan teraebut diantaranya Ketua Umum KONI Kaltim Rusdiansyah Aras, Ketua Pengprov Perserikatan Baseball Softball Seluruh Indonesia (Perbasasi) Kaltim Nidya Listiyono bersama jajaran pengurus, Ketua Pengprov Persatuan Ski Air dan Wakeboard Indonesia (PSAWI) Kaltim Saefuddin Zuhri beserta jajarannya, serta sejumlah Pejabat lingkup Dispora Kaltim.
(rdi)